SEJARAH PENCAK SILAT - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

SEJARAH PENCAK SILAT

Pencak silat
Merupakan suatu kesenian yang muncul dari dalam insting seorang manusia dalam mempertahnkan diri dan menjaga keasrian tempat manusia itu tinggal. sejarah mengatakan konon sebelum dikenal dengan istilah pencak silat gerakan-gerakan beladiri suku asli nusantara tumbuh karena tantangan alam saat sedang berburu. kemudian suku asli nusantara ini menirukan beberapa gerakan-gerakan hewan dalam menaklukkna hewan buruan mereka , dari sinilah jurus jurus beladiri yang ada dalam pencak silat nusantara khas dengan gerakan-gerakan menyerupai pertarungan hewan liar di hutan. 

Nusantara yang terisi dari ribuan kepulauan dan ratusan suku masing-masing memiliki insting kehidupan alam yang tak jauh berbeda , sejarah juga mengatakan sekitar abad ke-7 kemunculan kerajaan-kerajaan besar nusantara seperti Majapahit, Sriwijaya dan kerajaan lain dinusantara telah melahirkan pendekar-pendekar sakti dengan prajurit-prajurit yang olah kanuragan dan ilmu beladiri yang sangat hebat dan dapat diandalkan dalam melawan musuh dan dalam berperang merebutkan daerah kekuasaan.

Donald F. Draeger seorang sejarawan yang meneliti tentang pencak silat juga mengatakan bukti-bukti bahwa pencak silat telah ada pada jaman kerajaan hindu-budha itu ditegaskan dengan pahatan-pahatan releif di artefak bangunan candi prambanan dan borrobudur yang terdapat beberapa gerakan kuda-kuda dan penggunaan senjata .dalam bukunya Donald F Draeger juga menuliskan pencak silat berhubungan erat dengan senjata seperti pedang tombak dan tameng/prisai.

Beladiri dari pendekar kerajaan dinusantara nikenal sakti dengan kekuatan spiritual dan kemampuan olah kanuragannya. masing-masing daerah memiliki pendekar yang dibanggakan seperti Prabu siliwangi dari tanah pasundan , Gajah mada dari Majapahit pencak silat kenarok kediri sipitung dari betawi , pencak silat juga menyebar luas dari mulut kemulut dari derah ke daerah , sebab itulah tak ada sejarah yang bisa dibuktikan secara nyata siapa dan dari mana pencak silat ini pastinya berasal , yang jelas keberadaan pencak silat ini mulai terorganisir keberadaannya pada abad ke-14 dimana pengaruh besar perkembangan pencak silat ini mulai dibawa tokoh ulama-ulama Islam dan diajarkan bersama dengan ajaran agama di surau /pondok pesantren , inilah mengapa pondok pesantren menjadi salah satu basik terlahirnya kebudayaan pencak silat. khususnya dinusantara.

Sejarah membuktikan bahwa pencak silat juga melekat didalam diri seorang pejuang itu terbukti saat beberpa perjuangan yang melawan penjajah kolonial belanda seperti Tueku Umar , Tuanku Imam Bonjol dan masih banyak lagi. inilah mengapa pencak silat begitu penting untuk tetap dijaga keberadaannya.

Pencak silat tidak hanya berkembang diwilayah nusantara melainkan kepenjuru kepulauan di asia tenggara seperti malasiya, singapure brunai, thailand dan filiphina .Menyadari perkembangan pencak silat yang semakin lama semakin besar dinusantara akhirnya pada 18 Mei 1948 dibentuklah sebuah badan induk organisasi pencak silat IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) yang bersifat nasional dan merupakan induk organisasi pencak silat tertua didunia.

Kemudian tapat pada 11 Maret 1980 diadakan Persatuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) yang diperkasai oleh prakarsa Eddie M. Nalapraya ketua IPSI selaku tuan rumah Indonesia. pada pertemuan itu dihadiri juga pewakilan pesilat dari negara Singapura Malasiya dan Brunai . dalam pertemuan ini ditetapkan bahwa keempat negara ini sebagai pendiri pencak silat.

Majunya perkembangan dunia diimbangi pula oleh cabang olahraga Pencak silat yang kini telah resmi dimasukkan kedalam turnamen tingkat internasional .

Indonesia
yang merupakan negara yang melahirkan pencak silat tentu memiliki jumlah aliran pencak silat yang sangat banyak perkembangannya pun tembuh dan berkembang diberbagai kalangan masyarakatnya. adapun aliran-aliran pencak silat Nusantara dengan histori keberadaannya dan peran partisipasinya begitu besar untuk negara;
Berikut beberapa aliran pencak silat Nusantara yang memiliki karisma besar di kancah nasional dan internasional
  1. Pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa
  2. Pencak silat PSHT
  3. Pencak silat Asad
  4. Pencak silat Tapak Suci
  5. Pencak silat IKSPI kera sakti
  6. Pencak silat Prisai diri
  7. Pencak silat Merpati putih
  8. Selengkap nya tentang aliran pencak silat yang ada dinusantara silahkan baca disini
Diatas merupakan beberapa aliran pencak silat yang terdaftar resmi di Organisasi pencak silat tertinggi di indonesia dan dapat berpartisipasi dalam kompetisi tingkat nasional dengan nama pencak silat masing-masing yang telah didaftarkan bahkan dapat mewakili nama indonesia dalam kejuaraan tingkat internasional dengan nama IPSI .

Pesilat Indonesia-Thailand
Sejarah merupakan awal mula pengetahuan kita tentang apa yang akan kita pelajari , dengan mempelajari asal muasal pencak silat ini selain menambah wawasan kita tentang pencak silat tentu juga menambah motivasi diri sendiri untuk mengharigai dan mencintai warisan leluhur yang ditinggalkan untuk kita.

Semoga ulasan kecil ini bermanfaat besar untuk semua generasi muda nusantara untuk pengetahuan tentang pencak silat nusantara. 
Salam dari anak silat.

Load comments