TEKNIK DASAR PENCAK SILAT PAGAR NUSA | TANGERANG - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

TEKNIK DASAR PENCAK SILAT PAGAR NUSA | TANGERANG

TEKNIK DASAR PENCAK SILAT PAGAR NUSA
Pencak silat adalah pola tradisi beladiri yang terlahir di bangsa indonesia dimana keberadannya sudah diwariskan secara turun temurun . hampir semua lapisan element masyarakat pribumi memiliki beragam kesenian beladiri pencak silat keberadaan pencak silat inipun tersebar luas di pelosok nusantara mulai dari sabang hingga meraoke.
Jika anda orang indonesia maka tradisimu adalah pencak silat , tak peduli dari kalangan mana kau berasal, baik itu kalangan bangsawan hingga rakyat jelata pencak silat sudah merupakan bagian dari kehidupan dan menjadi sebuah identitas asli orang indonesia , namun salah satu kebudayaan kebanggan masyarakat indonesia ini sudah mulai diadopsi dinegara-negara lain bakhan tak jarang ada juga negara yang mulai mengeklaim pencak silat adalah tradisi mereka itu dikarenakan generasi bangsa yang acuh dan sudah tidak peduli dengan warisan yang ditinggalkan oleh nenek moyang terdahulu.
Sungguh ironi memang, Disisi lain sebagian dari generasi yang masih memepertahankan pencak silat dengan kuat justru mulai dipandang sebelah mata , dimana pencak silat yang notabene merupakan tradisi lokal kini mulai tergeser dan tersisishkan oleh kesenian beladiri dari negara-negara lain itu sangat disayangkan.

Jauh dari semua tentang keberadaan pencak silat disini saya akan berbagi sedikit ilmu pengalaman dan wawasan mengenai teknik dasar pencak silat, beragamnya kebudayaan  beraneragam pula seni yang tercipta dan tumbuh didalamnya dan itulah bangsa kita indonesia , begitu pula dengan pencak silat yang lahir di nusantara dimana umbuh dan berkembang berbagai jenis aliran pencak silat yang dapat kita jumpai di pelasok nusantara, salah satu pencak silat yang akan kita bahas adalah pencak silat Pagar NUsa , Informasi lebih lengkap tentang Pagar NUsa silahkan baca selengkapnya disini.
Teknik Dasar Pencak Silat Pagar Nusa
Sebagai seorang pendekar pemula memahami dan mendalami teknik dasar adalah hal yang paling penting karena ini adlah merupakan fase untuk menguasai teknik secara mutlak dengan penguasaan penuh
ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai antara lain:
1. Kuda - Kuda
kuda-kuda adalah teknik memperkuat posisi berdiri seorang pesilat pada saat melakukan penyerangan ataupun melakukan tangkisan dari serangan seorang lawan. ada lima jenisteknik dasar kuda-kuda dasar yang terbagi dalam pencak silat dari segi bentuk untuk bertahan dan fungsi untuk menyerang diantaranya:
  • Kuda-Kuda Depan.
  • Kuda-Kuda Belakang.
  • Kuda-Kuda Tengah.
  • Kuda-Kuda Samping (kanan dan kiri)
  • Kuda-Kuda Silang (depan dan belakang)
Selain harus mengetahui jenis dan macam kuda-kuda dalam gerakan pencak silat seorang pendekar juga di haruskan mengerti dan memahami posisi melakukan praktek dengan gerakan yang benar . selain itu juga pendekar juga harus mengerti kegunaan dari setiap jenis kuda , agar dapat digunakan sesuai dengan jenis kuda yang akan dipergunakan.
Pengertian tantang kuda-kuda pelajari lebih lanjut...



1.Kuda-Kuda Depan.
Jenis kuda-kuda depan ini sering dipakai oleh seorang pendekar dalam melakukan pertahanan maupun penyerangan , kerana teknik gerakan kuda-kuda depan ini merupakan teknik kuda-kuda yang paling kuat dan menguntungkan bagi pendekar itu sendiri dalam bertahan maupun menyerang lawan.
Teknik dasar melakukan praktek Kuda-kuda depan:
  • Posisi kaki didepan ditekuk sebagai tumpuan badan
  • Kaki belakang lurus
  • Telapak kedua kaki depan dan belakang posisi serong ke arah luar
  • Berat badan ditumpukan pada kaki depan
  • Badan posisi tegap
  • Kedua tangan pengepal/memukul (untuk siaga dan siap)
  • Kedua tangan bebas (gerakan seni)
  • Dan yang paling penting pandangan selalu kearah lawan (Fokus).
2. Kuda-Kuda Belakang.
Gerakan Kuda-kuda belakang tak jauh berbeda dengan gerakan kuda-kuda depan. akan tetapi Kuda-kuda belakang ini memiliki sedikit perbedaan fungsi. yaitu sebagai teknik dasar melakukan hidaran serangan dan teknik dasar menyerang. selain tiu kuda-kuda jenis ini lebih jarang dipakai dalam sebuah pertandingan dikarenakan lebih rawan cidera bagi sipendekar itu sendiri , gerakan kuda-kuda belakang lebih cocok dipergunakan dalam sebuah seni keindahan gerakan.
  • Posisi kaki depan lurus (ini alasan kuda-kuda belakang jarang dipakai dalam sebuah pertandingan karena posisi lurus inilah yang mengakibatkan cidera patah kaki lebih mudah)
  • Posisi belakang di tekuk sebagai tumpuan badan
  • Posisi badan lebih kedepan namun dengan keseimbangan kedua tangan.
3. Kuda-Kuda Tengah
Posisi kuda-kuda tengah biasa digunakan oleh seorang pendekar sebagai teknik dasar melatih kekuatan kedua kaki dan keseimbangan badan dalam akselerasi gerakan . baik itu serangan maupun pertahanan.
  • Posisi kedua kaki ditekuk melebar tengah sebagai pusat keseimbangan
  • Badan tegak
  • Dan posisi kedua tangan bebas
4. Kuda-kuda samping
Kuda-kuda samping (kanan/kiri) kuda-kuda jenis ini biasa diperagakan oleh seorang pendekar dalam sebuah kesenian selain memiliki pola gerakan yang tergolong artistik gerakan kuda samping ini juga sangat indah.
  • Posisi kaki di tekuk kearah kanan/kiri
  • Dengan posisi kaki yang ditekuk merupakan tumpuan badan
  • Posisi kedua tangan bebas.
5. Kuda-Kuda Silang Depan
Kuda-kuda silang dibentuk dengan menginjakkan 1 kaki ke depan atau kebelakang kaki yang lain, berat badan ditumpukan pada 1 kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari kaki.
6. Kuda-Kuda Silang Belakang
Kuda-kuda silang belakang yaitu kuda-kuda dengan salah satu kaki berada di belakang dengan keadaan menyilang dan kaki di tumpukan ke belakang,badan tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan gerakan tersebut.
B. Sikap Pasang Dalam Silat
Ada 4 sikap pasang yang saya pelajari dalam pencak silat :
 1. Pasang satu, yaitu sikap posisi badan tegak dengan kedua tangan disamping dalam keaadaan siap
silat dan kedua kaki di buka selebar bahu
2. Pasang dua, yaitu sikap badan tetap pada posisi tegak, kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan mengepal dan sejajar dengan pinggang.
3. Pasang tiga, yaitu, sikap badan pada posisi tegak lurus, kaki di buka selebar bahu, tangan diangkat sejajar mata, dan posisis silang dengan kepalan tangan terbuka.
4. Pasang empat, yaitu kaki di buka selebar bahu, tangan diangkat sejajar mata, dan posisis silang dengan kepalan tangan terbuka dibuk lagi dan tangan sudah terkepal.
C. Latihan Langkah Kuda-kuda Silat Menggunakan 8 Arah Mata Angin
Gerakkan pertama sampai gerakkan ke empat dengan menggunkan kuda-kuda samping, yaitu kaki kiri di depan kaki kanan di belakang posisi badan dalam keadaan lurus, kaki kiri di depan kaki kanan di belakang posisi dalam keadaan serong kekiri dan begitu juga sebaliknya.
Gerakkan ke lima sampai gerakkan ke delapan menggunakan kaki dapan di depan dan kaki kiri di belakang keadaan dalam posisi kaki kiri di luruskan dan kaki kanan ditekukkan posisi badan sedikit condong ke depan dan begitu juga sebaliknya.
D. Pola Langkah Dalam Pencak Silat
1. Pola langkah lurus
Merupakan gerak langkah yang membentuk garis lurus ,baik langkah maju maupin langkah mundur, yang mana pelaksanaanya dimulai dari salah satu kuda-kuda (kuda-kuda tengah).
2. Pola langkah zikzak
Merupakan gerak langkah yang membentuk mata gergaji atau pola zig-zag,yang mana pelaksanaanya dimulai dari sikap pasang dengan pola langkah serong
3. Pola langkah ladam atau huruf U
Pelaksanaanya dimulai dari sikap awal tegak ,gerakkan kaki kesamping kanan,di ikuti kaki kiri menutup (merapat),kemudian kaki kiri maju,kaki di tarik kembali dan merapat kemudian di gerakan samping kiri.kaki kanan ditarik dirapatkan ,kemudian dilangkahkan kedepan,dan kaki kanan ditarik kembali merapat seperti sikap awal.
4. Pola langkah segi tiga
Pelaksanaanya berdiri di titik 0,geser kaki kanan ke titik 1,ikuti kaki kiri ke titik 2,lanjutkan ke titik 4,lanjutkan juga ke titik 4 dan 5(berat badan di titik 5)tarik kaki kanan ke titik 6,kaki kanan ketitik 7 dengan kuda-kuda depan ,tarik kaki kanan keposisi awal
5. Pola langkah huruf S
Berdiri dengan posisi titik menghadap sesui dengan arah yang di tunjukan,geser kaki kanan ke arah berat badan ke di kaki kanan,ikkuti kaki kiri, kaki kiri ke titik 3 berat badan di kaki kiri selanjutnya cabut kaki kanan lewati kaki kiri sampai di titik 4,kaki kanan yang di titik 4di titik 5 putar di tempat, sementara kaki kiri yang ada di titik 3 injit,gugus kaki kiri lewat tanda panah dengan jalur titik 6 sampai di titik.

6. Pola langkah segi 4
Pelaksanakannya bisa memakai kombinasi kuda-kuda tengah ,samping,dan belakan
E. Pukulan Dalam Pencak Silat
1. Lurus 
Pukulan dengan salah satu tangan memukul kearah depan, sasaran yaitu dada si lawan. Dan tangan satunya lagi menutup arah point, yaitu sasaran perut keatas.
2. Bandul
Mengayunkan tangan salah satunya berbentuk kepalan kearah sasaran ulu hati, dan tangan yang satu lagi tetap menutup arah sasaran lawan ke dia.
3.Tegak
Sasarnnya adalah bahu atau sendi bahu bagian kanan (lawan yang dengan kita yang saling berhadapan, jadi sama saja dengan bahu sebelah kiri yang menjadi sasaran
4 4.Melingkar
Sasarannya adalah pinggang lawan
F. Tendangan Dalam Pencak Silat
1. Tendangan lurus kedepan yaitu dengan hentakan telapak kaki sejajar dengan bahu
2. Tendangan melingkar yaitu dengan hentakan punggung kaki
3. Tendangan berbentuk huruf T yaitu dengan tendangan samping menggunakan hentakan telapak kaki
4. Tendangan samping yaitu menendang dengan punggung kaki.
G. TANGKISAN DALAM PENCAK SILAT
1. Tangkisan dalam
Tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu
2. Tangkisan luar
Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu
3. Tangkisan atas
Tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan
4. Tangkisan bawah
Tangkisan dari atas kebawah