ARTI LAMBANG GASMI | INFO - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

ARTI LAMBANG GASMI | INFO

Sejarah Lambang Gasmi

GASMI -{Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia} :
Sedikit cerita mengenai ulasan sejengkal sejarah dari pencak silat yang dipopulerkan oleh KH.Abdullah maksum jauhari . Santer terdengan pada era 60-70-an Gasmi sendiri adalah seni beladiri pencak silat yang tumbuh dan berkembang dilingkungan pondok pesantren, keberadaan pencak silat gasmi sendiri sangat berpengaruh besar pada saat itu terutama disaat kerusuhan dan kekerasan yang meraja lela , dan salah satu peran penting gasmi adalah disaat melakukan perlawanan yang dilakukan oleh pemberontak negara dari kubu sayap kiri PKI (Partai komunis indonesia) dalam sejarah nasional pada sekitar tahun 60-70 an terjadi agresi serang menyerang dijawa timur dan sekitarnya antara Nahdlatul ulama yang dinaungi panji Gasmi dan Lerka dari pihak partai komunis.

Itulah sedikit sejaraH perjalanan gasmi diera gus maksum
Sebagai seorang pesilat pagar nusa khususnya yang beraliran gasmi apakah sudah tercatat tentang sejarah gasmi dan profile pendiri gasmi hingga arti lambang gasmi yang kalian pakai didada kalian.

Sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi pesilat pagar nusa gasmi untuk menanamkan dan menerapkan apa yang telah diajarkan oleh para pendahulu kita dengan mengajarkan semua pengetahuan dan wawasan yang diwariskan kepada kita untuk generasi penerus supaya pagar nusa gasmi tetap exis dan berkembang dengan pesat dimanapun berada

mari kita tambah wawasan kita tentang gasmi dengan mempelajari arti dari lambang gasmi yang ada didada kita, agar tidak sembarangan dalam pemakaian maupun penempatan.
berikut ulasannya.

Arti Lambang GASMI

Pagarnusa.info
Logo Gasmi
Lambang Gasmi

Arti logo gasmi

  1. Dua pedang menyilang ditengah : melambangkan bahwa Gasmi adalah sebuah pencak silat
  2. Tali yang diikat dalam posisi tidak terikat renggang : Didalam pencak silat gasmi diperbolehkan bagi siapa saja yang berkeinginan untuk belajar pencak silat didalamnya tanpa harus memandang dari kalangan mana dia berasal.
  3. Sembilan bintang : Lambang dari sembilan wali (walisongo)
  4. Tulisan arab didalam pita yang berbunyi "Al ngaklus salim fil jismis salim" : Silahkan belajar digasmi jika ingin tau artinya atau minimal jadi serang santri yang mengerti bahasa arab
  5. Bade/Lambang berbentuk kubah : ini menggambarkan identitas gasmi adalah sebagai pencak silat Islam
  6. Tulisan " Gerakan aksi silat muslimin indonesia " yang melingkari kubah adalah nama terbentuknya pencak silat gasmi itu sendiri
Bagaimana sudah tahukah anda arti dari bade/lambang gasmi atau mungkin anda baru tahu tentang arti bade/lambang gasmi yang kalian pakai salama ini. masih belom terlambat .. silahkan ajarkan pada anak didik kalian semua tentang sejarah gasmi, dan ajarkan pada diri anda sendiri untuk lebih menghormati lambang yang kalian pakai. 
Semoga informasi ulasan tentang arti bade/lambang gasmi ini bermanfaat dan menambah segi wawasan kita tentang pagar nusa khususnya aliran gasmi

Apapun lambang yang anda pasang didada
Apapun nama silat yang anda pelajari
Apapun warna seragamnya
Dan bagaimanapun materi yang anda pelajari
Kalian tetaplah saudaraku, saudara pagar nusaku..

janganlah sekali-kali kita anggap perbedaan didalam pagar nusa sebagai perbedaanmaknai perbedaan itu sebgai keragaman pencak silat khas pagae nusa.

Salam Pagar Nusa 86..

Load comments