Tata cara pembukaan latihan pagar nusa (Berwudlu dan Tawasul) - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

Tata cara pembukaan latihan pagar nusa (Berwudlu dan Tawasul)

Pencak silat pagar Nusa 
Seni beladiri pencak silat merupakan salah satu budaya warisan leluhur  yang di turun - temurunkan untuk generasi ke generasi berikutnya yang mana terdapat nilai natural spiritual dan unsur budaya kelas tinggi yang telah melekat erat didalam setiap aktifitas masyarakat nusantara.
Sejarah pun mengatakan bahwa beladiri pencak silat memiliki unsur magis spiritual tinggi yang merupakan jatidiri dari bangsa hingga sekarang pun masih kental mengeliat diberbagai element masyarakat nusantara
Pengarahan untuk kedisiplinan dalam bertugas


Ratusan aliran pencak silat telah tumbuh dan berkembang di berbagai penjuru negeri yang mana keberadaannya telah mengakar dalam jiwa dan raga masyarakat nusantara. setiap aliran selalu mengajarkan prinsip-prinsip dan karakter kearifan lokal masing-masing aliran silat yang kemudian diturunkan keseluruhan pada pesilatnya dari berbagai ragam unsur didalamnya seperti unsur keindahan gerakan jurus maupun seni hingga unsur magis spiritual yang telah diperoleh melalui berbagai tahapan dari pesilat-pesilat terdahulunya.

Menengok sedikit dari sejarah pencak silat nusantara terdahulu dimana selalu mengutamakan ajaran prinsip original apa yang telah ada didalam aliran silat tersebut tanpa mengurangi sedikitpun .maka dengan perkembangan nya silat silat ini juga tetap mempertahankan apa yang telah ada dan mengajarkan dengan gaya yang telah diwariskan oleh pendahulunya
Salah satu yang menjadi ciri khas pencak silat nusantara yang keberadaannya menjadi icon dan identitas jatidiri sebuah perguruan/aliran silat dan sebagai pembeda aliran silat lain adalah sebagai berikut:

1. Tata cara pembukaan aktifitas silat saat berlatih
2. Salam sambutan yang menjadi identitas sebuah aliran silat
3. Nama sebuah perguruan aliran silat
4. Seragam  dan atribut yang dipergunakan
5. Gerakan seni dan jurus
6. Nama seni dan jurus
7. Gaya khas panggilan senior dan junior
8. Sabuk sebagai pembeda tingkatan
9. Dll

Namun terlepas dari itu ada salah satu aliran pencak silat nusantara yang tumbuh dan berkembang dengan membawa corak dan perbedaan yang khas yaitu pencak silat pagar nusa dimana dalam proses mengawali aktifitas latihan selalu mengutamakan kondisi dari keseluruhan pesilat dalam keadaan suci kemudian dilanjutkan membaca tawasulan untuk meminta restu mengadakan latihan dengan tujuan mendapatkan safaat dan barokah dari ilmu yang akan dipelajari

Sejarah menyebutkan bahwa pencak silat yang berdiri pada tahun 1986 ini memang berkembang dan tumbuh dilingkungan pondok pesantren dan pencak silat ini didirikan oleh para tokoh dan ulama besar nahdlatul ulama . tak heran jika pencak silat pagar nusa memiliki ciri khas tawasulan sebagai pembeda dengan aliran silat manapun dinusantara.

Adapula tatacara seorang pelatih yang akan memimpin membacaan doa' dan tawasulan sebagai berikut:
  • Diawali dengan keadaan suci dari hadast
  • Duduk rapat melingkar tanpa putus
  • Pembacaan doa tak jauh berbeda dengan pembacaan tahlil
  • Jika belum paham tatacara siapa saja guru-guru yang dikirimkan al-fatihah demi kesakralan tata cara tawasulan silahkan bertanya kepada pelatih senior dan khususnya pada sesepuh masing-masing tempat.
  • Dan yang tidak boleh tertinggal adalah meminta restu dari kedua orang tua
Demikian sedikit ulasan tetang tatacara pembukaan latihan pencak silat pagar  nusa , jangan ditinggalkan dan tetap lestarikan budaya pagar nusa. sekian semoga bermanfaat .

Salam dari anak silat

Load comments