Metode Mengajar Yang Harus Dipahami Seorang Pelatih - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

Metode Mengajar Yang Harus Dipahami Seorang Pelatih

Pagarnusa.info

Pagar nusa - salah satu pencak silat dengan kekayaan seni beladiri dan jurus-jurus yang sangat melimah serta keberadaannya di berbagai pelosok negeri selalu hadir dengan nuansa yang berdeda , pencak silat yang berkembang dibawah naungan nahdlatul ulama menjadi prioritas utama sebagai wadah beladiri dan berkembang dikalangan pondok pesantren serta menyebar dilingkungan masyarakat umum hal ini membuat keberadaan dari para pesilat pagar nusa harus mampu mengasah kemampuan diri dalam beradaptasi.

Beberapa hal mendasar yang perlu digaris bawahi kenapa pagar nusa sulit berkembang disebuah lingkungan

  1. Faktor lingkungan
  2. Minimnya kepedulian dan kesadaran masyarakat akan kebudayaan budaya dan seni leluhur
  3. Serta keberadaan seorang pelatih ditempat tersebut
  4. Dll
Kemudian hal yang perlu kita analisis dari kendala yang menghabat perkembangan pagar nusa diatas adalah
  1. Mensosialisali pagar nusa
  2. Membaut metode keorganisasian didalam pagar nusa
  3. Dan metode dalam melakukan proses belajar mengajar ketika tempat latihan telah terbentuk
Kali ini mari kita bahas metode mengajar yang perlu dipahami pelatih pagar nusa agar keberadaan pagar nusa bisa semakin menonjol disebuah lingkungan.


Maha guru adalah pengalaman
dalam kisah kehidupan seorang manusia mepelajari sebuah ilmu merupakan proses menempuh jalan kehidupan tanpa ada batasan untuk menggapainya , semakin banyak ilmu yang manusia pelajari semakin banyak pula manusia itu mengetahui arti dari sebuah kehidupan, dengan jiwa raga yang masih bersatu perbanyaklah ilmu dan pengetahuan jangan biarkan jiwa mu tersesat dalam kebodohan dan jangan biarkan ragamu hidup berjalan tanpa tujuan.

Pagarnusa.info
Pagarnusa.info

Seringkali manusia itu berjumawa dengan apa yang telah manusia peroleh dan dengan apa yang telah manusia lewati , namun disisi gelapnya ilmu yang diperoleh terkadang membuat manusia itu lalali akan kegunaan ilmu yang sesungguhnya , ada tiga tingkatan seorang manusia dalam menuntut dan mempelajari sebuah ilmu;

  1. Manusia yang telah mampu mencapai titik pertama dia akan sombong
  2. Jika telah melewati tahap pertama menuntut ilmu manusia dengan sifat asli nya akan tawadu'
  3. Dan apabila kedua titik belajar ilmu telah dilewatinya maka manusia itu akan sadar bahwa dia tidak ada apa-apanya.
Tiga hal tingkatan dalam menuntut ilmu ini merupakan sebuah sistematis penggolongan history manusia dalam mempelajari ilmu , perbanyaklah hidup dengan wawasan dan ilmu supaya hidup ini bermanfaat bagi dirisendiri dan orang disekitar kita

Dalam pencak silat pagar nusa untuk dapat menjadikan diri sebagai pesilat sejati diperlukan banyak perjuangan yang harus dilewati, berbagai tingkatan harus dilalui dan berbagai ujian dijalani namun perlu diingat bagi seorang pesilat yang telah melewati  tahap tersebut tentu berbagai macam pula ilmu-ilmu dan wawasan yang akan diperoleh , hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi pesilat yang mampu menguasai seluruh ilmu didalam aliran pencak silat pagar nusa dengan seutuhnya dan tidak setengah-setengah.

tidak hanya itu saja setelah dengan seorang pesilat belajar dari tahap ketahap hingga mebawanya pada titik puncak sebagai pembimbing/pelatih ditujukan kedepannya agar dapat menjadi seorang pembimbing/pelatih yang mampu mengajarkan mewariskan dan menanamkan materi yang diperoleh kedalam jiwa generasi dan peserta didik pencak silat pagar nusa selanjutnya.

Melihat peranan dari pencak silat pagar nusa adalah sebagai wadah yang mengikat aliran pencak silat NU nusantara, tentu berbagai ilmu , jurus dan wawasan luas tentang pencak silat pastilah sangat banyak dan beragam karena setiap aliran pencak silat memiliki sejarah/history yang beragam, gerakan jurus dan gerakan seni yang berbeda. disisi lain dengan banyaknya keberagaman ini menambah luas wawasan pesilat pagar nusa tentang dunia persilatan .

Untuk menjadi seorang (PPPN) Pelatih  Prefesional Pagar Nusa tentu dibutuhkan beberapa kriteria pokok meliputi:

Penguasaan penuh tentang wawasan masing-masing aliran silat dipagar nusa
1. Sejarah (Masing-masing aliran silat) dan Sejarah Pagar Nusa
2. Materi (Masing-masing aliran silat) dan Materi Pagar Nusa

Definisi dari hal pokok untuk dapat menjadi seorang (PPPN) Pelatih Prefesional Pagar Nusa diatas adalah

1. Sejarah (Masing-masing aliran silat) dan Sejarah Pagar Nusa
Seberapa pentingkah menguasai sejarah dari masing-masing aliran silat dan sejarah pagar nusa yang kita ikuti.? sangat penting , harus dan wajib kita pelajari 
mengapa demikian : karena ini menyangkut pengetahuai sejarah dan tujuan yang sebenarnya didirikannya sebuah aliran pencak silat dan didirikannya pagar nusa yang berperan sebagai wadah dari aliran pencak silat tersebut.
Selain itu pentingnya memahami dan mempelajari wawasan ini bertujuan agar meberikan pengertian pada peserta didik/siswa kita untuk dapat memahami tujuan didirikannya aliran silat dan pagar nusa , disisi lain yang tak kalah pentinya adalah supaya tidak terjadi kesalah fahaman tentang aliran silat dan wadah pagar nusa satu dengan yang lainnya yang berujung putusnya tali silaturrahim antar aliran silat dipagar nusa.
Sangat pentig bukan. maka dari itu  pelajari sepenuhnya materi sejarah aliran kita masing-masing dan sejarah pagar nusa jika sudah sepenuhnya faham silahkan turunkan, tanamkan dan wariskan pada peserta didik/siswa kita.

2. Materi (Masing-masing aliran silat) dan Materi Pagar Nusa
Seberapa pentingkah pengaruh jika kita tidak memahami masing-masing materi aliran silat dan materi yang ada didalam pagar nusa ! Sangat penting kang.. jika tidak dapat menguasai sepenuhnya minimal kita faham dan mengerti agar tidak salah kaparah dalam pengartian antara aliran silat satu dengan silat yang lainnya yang terdapat didalam pagar nusa
mengapa demikian : Pagar nusa adalah pencak silat NU yang berperan sebagai wadah berbagai macam aliran silat dinusantara ada didalamnya, seperti GASMI , Cimande , Sapujagad , Porsegal , Batara, Perkasa dan masih banyak lagi.

Melihat tujuan utama yang mulia dari  pagar nusa  sebagai wadah pencak silat ini pastilah didalam pagar nusa memiliki beragam jenis jurus, beragam jenis gerakan seni dan wawasan luas tentang silat diseluruh nusantara.

Catatan penting !!!
  • Pagar nusa hanya menjadi wadah untuk mempersatukan aliran-aliran silat lokal dan tradisional milik ulama-ulama dan tokoh NU senusantara. selain itu agar dapat mewakili masing-masing atlit dari masing-masing aliran silat kedalam kejuaran IPSI tingkat nasional dengan lambang kesatuan  (IPSNU) IKATAN PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA dan mewakilkan atlit hingga mewakili nama indonesia di kancah internasional 
  • Pagar nusa sebagai wadah yang mingikat beragam aliran silat ini tidak serta merta menghapus , mengubah atau melarang apa-apa yang telah ada didalam aliran silat-silat tersebut. 
  • Setiap aliran yang telah terikat dengan wadah pagar nusa tetap menggunakan materi-materi original dari masing-masing aliran pencak silat ketika proses pengembangannya sebagai identitas mutlak silat dari aliran pagar nusa mana. dan dengan menambahkan gerakan identitas yang telah ada didalam pagar nusa sebagai identitas resmi aliran silat tersebut telah terikat dalam satu wadah di pagar nusa
Pesilat pencak silat NU pagar nusa
terdapat lima poin penting sebagai acuan dasar dalam pengembangan budaya pencak silat dan dahwah di lingkungan masyarakat nusantara yang terkemas rapi didalam bunyi teks Prasetiya Pagar Nusa . selain itu hal yang menjadi faktor utama perkembangan dari pencak silat NU pagar nusa itu sendiri adalah metode dan cara belajar mengajar pencak silat itu sendiri yang diwariskan oleh para pelatih sebelumnya.

Apakah penting kita melakukan sebuah trobosan dalam mengajar dan mendidik siswa kita dalam latiahan. jika iya seperti apa ? Pentingnya ndak ketulungan kang caranya simple kuasai dua hal dasar diata tadi...
Mengapa demikian : 
Dibanding dengan paguronan pencak silat lain yang hanya mengajarkan materi tunggal satu aliran tentu tak semudah mengajarkan dan mempelajari Pagar Nusa yang mana didalamnya terdapat belasan hingga puluhan aliran silat yang berbeda-beda dengan keragaman sejarah hingga segi materi jurus dan materi gerakan seni yang bermacam-macam. justru pada fase inilah dimana perbedaan tidak lagi dianggap sebuah hal yang berbeda melainkan keberagaman dalam silat pagar nusa.

Isilah Kebinekaan memang layak disematkan pada pencak silat NU pagar nusa. dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan "Benika tunggal ika" merupakan simbol dasar keberadaan pagar nusa dinusantara.
dengan berbagai kesukaran dalam mengembangkan pencak silat pagar nusa dibutuhkan sebuah metode yang benar bagi seorang pembina/pelatih diantaranya
  • Sampaikan apa itu pagar nusa dengan penguasaan poin 1 dan 2 diatas
  • Pengalaman mendidik dan mengajar
  • Taktik mendekati
  • Teknik penyampaian
  • Terapkan sistem peraturan
  • Ajarkan materi secara rapi dan berurutan secara maximal
Menurut pengalaman pribadi sebagai seorang pembimbing/pelatih pagar nusa hal-hal diatas adalah merupakan hal yang berpengaruh penting dari sekian kesukaran dan kendala dalam melakukan mengembangan dan upaya pelestarian pencak pagar nusa yang notabene terdapat beragam aliran dan beragam materi , 

Tapi jika kita sebagai seorang pesilat yang telah tertanam pagar nusa didalam jiwa kita hal ini bukanlah masalah besar untuk dapat kita taklukkan.oleh sebab itu belajarlah pada pengalaman kita yang kemarin. jika tidak ingin melahirkan generasi GAFATAR "Gagal Faham Gagal Pintar.


"Kerasnya batu akan kropos oleh air yang terus-menerus menetesinya"
Pesan dari kata diatas adalah
itsiqomah lah dengan apa yang kamu pelajari dan ajarkan pada seseorang
sesulit apapun jalan itu pasti dapat kita lalui
dan ingat setiap waktu akan memiliki rahasia hasil yang berbeda "


Load comments