SEJARAH GASMI | INFO - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

SEJARAH GASMI | INFO

GASMI ( Gerakan aksi pencak silat muslimin indonesia )

Salah satu pencak silat legendaris dari jawa timur yang terkenal dengan beladiri praktis taktis dan keras, Gasmi tumbuh berkembang dilingkungan pondok pesantren dan lebih familiar dengan ilmu beladiri milik para santri, bukan hanya itu saja, pencak silat gasmi seakan telah menjadi bagian dari rutinitas santri dalam menimba ilmu dipondok pesantren khususnya di pulau jawa-bali.

pagarnusa.info
Lambang Gasmi


Rentetan Sejarah Gasmi

Gasmi dan Gus Maksum Jauhari
Dibawah komando langsung sang maha guru besar pencak silat Gasmi beliau adalah Kh. Abdullah maksum djauhari tepatnya pada era 60-70 an pencak silat Gasmi berada dimasa-masa kejayaan nama pencak silat Gasmi kian hari kian santer terdengar diberbagai penjuru pelosok pulau jawa, bukan karena memiliki jumlah anggota yang besar ataupun sebuah organisasi yang kuat akan tetapi peranan dari para pendekar-pendekar gasmi dan tokoh yang ada didalamnya, tercatat dalam sejarah indonesia bahwa pencak silat gasmi memiliki peranan dan andil cukup besar dalam melakukan peredaman kekerasan dan kemungkaran serta andil besar dalam memberantas kelompok-kelompok pemberontak negara pada masa itu, salah satu dari bukti catatan sejarah akan kejayaan exstabilitas pencak silat gasmi pada era 60-70 an adalah aksi-aksi para pendekar gasmi disaat melakukan pemberantasan tokoh-tokoh pemberontak sayap kiri terutama dari kalangan PKI (Partai komunis indonesia).

Jauh dari kata sakti, mewah dan besar namun existensi keberadaan pencak silat Gasmi mulai menjadi prioritas rival utama ormas LERKA (Lembanga kesenian rakyat) "salah satu ormas yang dinaungi langsung oleh Pki " terutama didaerah jawa timur diwilayah Kediri dan sekitarnya. ada banyak kasus kerusuhan, kekerasan dan sikap arogansi yang dilakukan oleh kelompok LERKA dilingkungan masyarakat dimama meraka selalu berbuat semena-mena, tentu hal ini membuat kondisi masyarakat menjadi sangat ketakutan dan kuwatir saat melakukan rutinitas keseharian diluar rumah.

Keberadaan pencak silat gasmi didaerah kediri lambat laun membuat masyarakat semakin aman dan lebih merasa tentram hal ini dikarenakan keberadaan para tokoh-tokoh pendekar gasmi memiliki peran besar dalam meredam aksi-aksi kekerasan dan kerusuhan yang dilakukan oleh Pki kususnya ormas andalan meraka yaitu Lerka, tidak jarang sang guru besar pencak silat gasmi tidak segan untuk memimpin langsung aksi penghadangan dan peredaman yang dilakukan oleh kelompok Pki tersebut.

Mengutip tokoh dibalik kejayaan gasmi

Existensi pencak silat gasmi pada era 60-70 an tidak terlepas dari adanya peran aeorang tokoh hebat sekaligus pendekar sholeh dibelakang gasmi siapa lagi kalo bukan Kh. Abdullah maksum djauhari, Tokoh NU yang lebih akrab disapa Gus Maksum adalah seorang guru ngaji dan seorang pendekar beliaulah yang menjadi aktor kejayaan gasmi dijawatimur wilayah kediri. dan siapakah Kh. Abdullah Maksum Djuhari , silahkan baca selengkapnya tentang jatidiri Kh. Abdullah maksum djauhari disini

Pandangan Masyarakat terhadap pencak silat Gasmi

Kususnya dijawa timur wilayah kediri dan sekitarnya keberadaan pencak silat gasmi ini sangat berpengaruh besar dalam menjaga keseimbangan kerukunan masyarakat, bukan sekedar pencak silat yang digunakan sebagai bekal beladiri akan tetapi juga memiliki andil nyata dalam menjaga dan melindungi masyarakat wilayah kediri dan sekitarnya dari kelompok-kelompok pemberontak, dalam hal ini membuat keberadaan pencak silat gasmi yang lahir dari kalangan pondok pesantren kian digemari masyarakat berbagai kalangan terutama para santri yang ada didalam pondok pesantren lirboyo yang menjadi tempat lahirnya gasmi , respon masyarakat kediri terhadap pencak silat gasmi sangat positif sehingga membuat perkembangan gasmi diwilayah jawa timur khususnya wilayah kediri menjadi begitu pesat dan sangat cepat menyebar.

Lihat vidio-vidio Pagar Nusa yang lain:






SEJARAH GASMI ERA MBAH MANAF

Gasmi ( Gerakan aksi silat muslimin indonesia )
Dilihat dari rentetan sejarah keberadaan dan peran gasmi pada era 60-70 an tentu banyak orang yang berspekulasi atau berpendapat bahwa gasmi berdiri pada era gus maksum, namun ada beberapa versi sejarah mengatakan bahwa berdirinya pencak silat gasmi adalah saat era Mbah Manaf kakek dari gus maksum jauhari

Diawali dari catatan sejarah beberapa senior gasmi , pencak silat yang identik dengan kekuatan fisik yang keras dan ilmu-ilmu kanuragan yang hebat , gasmi diceritakan telah terlebih dulu berdiri dieranya Mbah manaf beliau adalah kakek gus maksum jauhari dan juga merupakan salah satu dari tiga tokoh ulama pendiri pondok pesantren lirboyo kediri, gasmi disebut telah berdiri diera mbah manaf hal ini disertai dengan bukti kuat dengan fakta-fakta maraknya perlawanan masyarakat dan para tokoh-tokoh ulama khususnya dijawa timur wilayah kediri tempat kediaman mbah manaf saat itu mereka malakukan perlawanan terhadap berbagai kekerasan dan penindasan serta penyiksaan yang sering dilakukan oleh pera penjajah asing yang datang dinusantara sebagai perampok sumber kekayaan rempah-rempah nusantara

Datangnya bangsa asing kenusantara bertujuan untuk menguasai seluruh rempah-rempah serta melakukan tindakan pada masyarakat pribumi yang semena-mena, akhirnya menimbulkan pro-kontra pada kalangan masyarakat dan ulama terhadap kehadiran bangsa asing diberbagai pelosok nusantara hal inilah yang menjadi latar belakang terlahirnya pencak silat gasmi dikediri jawa timur, salah satu tokoh paling berpengaruh pada masa itu beliau adalah KH. Manaf Abdul Karim kakek Gus maksum seorang ulama yang berasal dari jawa tengah ini memiliki sebuah pondok pesantren sederhana dengan dihuni beberapa santri.

Disela-sela pembelajaran bekal ilmu agama islam yang diajarkan kepada santri-santri, Kh. Manaf Abdul Karim juga memberi bekal ilmu beladiri kepada seluruh santri yang menimba ilmu dipondok pesantrennya. meskipun pada awalya diajarkan dengan metode diam-diam namun lambat laun beladiri ini mulai menjadi hal yang sangat digemari santri dalam menimba ilmu dipondok pesantren bukan hanya belajar mengaji namun juga belajar beladiri pencak silat yang diajkarkan langsung oleh beliau, sedangkan tujuan utama Kh. Manaf abdul karim mengajarkan ilmu beladiri kepada santri adalah untuk memberi bekal untuk menjaga diri dalam melakukan dakwak menyebar agama islam.

Gasmi-
Sekitar tahun 1915 pencak silat kalangan muslimin dibentuk secara orgnanisasi disebuah halaman pondok pesantren diwilayah kediri jawa timur dengan sebuatan pencak silat bebas atau pencak dor oleh Kh. Abdul manaf karim sebagai tujuan

  1. Menjadikan pesantren sebagai tempat pusat belajar beladiri pencak silat
  2. Bekal  santri dalam berdakwah
  3. Bekal santri dalam menegakkan Amar amakruf nahi mungkar
Sejarah mengatakan pada era Kh. Manaf abdul karim pencak silat tidak begitu digemari oleh kalangan masyarakat pribumi itu disebabkan karena rasa takut dari pribumi pada kolonial bangsa asing dinusantara terlebih apabila diketahui melakukan kegiatan diuar ijin yang diberi bangsa asing kala itu maka akan ada kosekuansi buruk bagi pribumi yang terlibat dikegiatan tersebut, sejarah akan tetap menjadi sejarah dan akan selalu terkenang dihati para generasinya, namun semangat untuk membalikan keadaan masih terbuka lebar, hingga datang masa kehadiran Gus maksum jauhari cucu dari Kh. Manaf abdul karim.

Selang hampir lima dekade tepat diera 60-70 akhirnya pencak silat Gasmi ini mulai kembali dipelajari oleh sang penerus , istilah buah jatuh tidak jauh dari pohonya , begitulah gambaran dari sang Kh.Manaf abdul karim dengan cucunya Kh. Abdullah maksum jauhari. pada masa gus maksum pencak silat gasmi mulai kembali berjaya bahkan mencapai masa-masa kejayaan , respon terhadap keberadaan gasmi dari masyarakat sekitar pun begitu posistif bukan hanya itu saja berbagai akasi dan andil serta peran dari para pendekar gasmi mulai benar-benar terlihat nyata dilingkungan masyarakat kediri dan sekitarnya.









SEJARAH GASMI ERA GUS MAKSUM

Sebagai generasi penerus dan pewaris Kh. Abdulllah maksum jauhari pun mulai menunjukan sikap kepeduliannya terhadap keberadaan gasmi yang menjadi sentral kegiatan serta bekal dakwah agama para santri, akhirnya berbagai pengalaman dan petualangan gus maksum didunia persilatan dan ilmu kanuragan dari berbagai pelososk negeri membuat beliau kembali meneruskan apa yang pernah menjadi niatan mulia kakeknya yaitu mengembangkan pencak silat yang merupakan budaya asli bangsa.

Pada tahun 1965 gasmi mulai mengadakan kegiatan latihan pencak silat dilingkungan pondok pesantren lirboyo dimana dalam pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh gus maksum dengan awal latihan hanya diikkuti beberapa santri, kurun waktu yang cukup lama gasmi hanya berkembang dilingkungan pondok pesantren lirboyo saja hingga khirnya gasmi mulai merintis keorganisasian pencak silat dan dipublikasikan kepada masyarakat keluar lingkungan pondok pesantren, aksi demi aksi yang melibatkan para pendekar gasmi dalam menegakgak kebenaran dan meredam kemungkaran adalah titik balik kejayan gasmi

Lirboyo pondok pesantren
Pada tahun 1970 GASMI (Gerakan aksi silat muslimin indonesia) resmi dibentuk dengan struktur organisasi , hingga membuat berbagaib elemen masyarakat tertarik untuk belajar pencak silat gasmi yang diajarkan secar langsung oleh gus maksum, dari sinilah titik kejayaan pencak silat gasmi dimuali. hingga pada tahun 1986 gami menjadi salah satu aliran ternama yang menjadi bagian dari Pencak silat pagar nusa

Pagar nusa
Wadah pencak silat para ulama NU yang didalamnya terdapat berbagai alairan pencak silat termasuk Gasmi pagar nusa sendiri adalah lembaga pencak silat yang dinaungi langsung oleh nahdlatul ulama. silahkan baca selengkapnya sejarah pagar nusa disini, serta keistimewaan sang guru besar pagar nusa gus maksum yang merupakan guru besar serta ketua umum pertama pagar nusa.

Semoga dengan rentetan catatan sejarah gasmi diatas menambah wawasan kita dalam memahami pencak silat pagar nusa aliran gasmi. semoga bermanfaat. salam seduluran.

Load comments