KEISTIMEWAAN GUS MAKSUM | INFO - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

KEISTIMEWAAN GUS MAKSUM | INFO

Pagar Nusa dan Gasmi




Seakan tidak akan pernah lepas dari nama besar Kh. Abdullah Maksum Jauhari Pencak silat Pagar Nusa khususnya yang beraliran GASMI ( Gerakan aksi silat muslimin indonesia ) tokoh ulama muda dari kalangan Nahdlatul ulama yang merupakan seorang cucu dari Kh. manaf abdul karim salah satu tokoh pendiri pondok pesantren lirboyo, Kh. Abdullah maksum jauhari yang lebih akrab disapa Gus Maksum adalah guru besar pencak silat gasmi yang resmi berdiri pada tahun 1970 sekaligus merupakan ketua umum pertama pencak silat pagar nusa.

WWW.PAGARNUSA.INFO
SEJARAH PAGAR NUSA
Jejak rekam dari sejarah Kh. Abdullah maksum jauhari ( Gus maksum ) dalam dunia persilatan sangat besar baik itu dikalangan pondok pesantren ataupun dilingkungan luar pesantren, Gus maksum bukan hanya seorang tokoh ulama dan guru ngaji namun beliau juga mahir dalam bidang ilmu kanurangan dan ilmu beladiri, bukti kongkrit gus maksum mahir dalam ilmu beladiri tercatat dalam sejarah dimana beberapa aksi beliau menunjukan kepawaiannya dibidang olah ilmu kanurangan dan ilmu beladiri saat ketika melakukan aksi penumpasan pemberontak negara yang sangat terkenal diindonesia yaitu PKI (Partai komunis indonesia).

Keahlian dari gus maksum didalam bidang ilmu kanuragan dan teknik beladiri sudah tidak perlu diragukan lagi, keahlian-keahlian yang gus maksum peroleh tentu bukan hal yang instan yang bisa dipelajari otodidak, sebagai seorang manusia biasa gus maksum memperoleh semua itu dengan proses yang panjang selain kemauan keras dalam belajar juga diimbangi dengan keihklasan beliau dalam menuntut ilmu dari semua guru-gurunya.

Keahlian gus maksum dalam bidang kanuragan dan beladiri tidak terlepas dari sosok-sosok hebat dibelakangnya, yaitu guru-guru gus maksum gus maksum bukan hanya sekedar belajar pada satu dua guru saja melainkan belajar dengan banyak guru-guru yang mahir dibidangnya berikut beberapa tokoh yang membina gus maksum dalam belajar ilmu kanuragan dan beladiri:
  • Ahmad Fatoni ( Jawara pengelana dari jawa barat)
  • Kyai Jamaludin batokan
  • Kyai Muhammad batokan / Mbah Jipang ( Ngaji Gampang )
  • Kyai Mansur kali pucung blitar ( Kakek gus maksum dari ayahanda)
  • Kyai Ahmad kemuning kediri
  • Kyai Ibrahim banjar melati kediri
  • Habib Jufri-Mrican kediri
  • Habib Baharun-Mrican kediri ( Ijazah rambut api gus maksum )
  • Kyai Mahrus ali (Lirboyo-kediri)
  • Kyai Ya'kub (Lirboyo-kediri)
  • Kyai Ilyas ( Pesantren Buntet-Cirebon, jawa barat) Keturunan Kyai Abbas Cirebon
  • Kyai Busro ( Pesantren Buntet-Cirebon jawa barat) Keturunan Kyai Abbas-Cirebon
  • Dan lain sebagainya
gambarpagarnusa.com
Gus maksum

Catatan Perjalanan Gus Maksum Jauhari

Kh. Abdullah Maksum Jauhari adalah salah seorang tokoh yang memiliki pengaruh besar bagi perkembangan sejarah dunia persilatan didaerah jawa timur khsuusnya diwilayah kediri dan sekitarnya, sejarah tersebut dibenarkan dengan adanya fakta-fakta dari beberapa saksi hidup yang menjadi bagian dari era gus maksum,  hal yang pertama kali diingat dari sejarah andil gus maksum adalah disaat aksi dan reaksi beliau dalam menumpas kekerasan dan kebatilan yang begitu merajalela dipenjuru negeri khsusnya pada era 60-70 an. 

Mengutip sejarah biografi dari gus maksum jauhari yang merupakan cucu dari Kh. Manaf abdul karim salah seorang tokoh pendiri pesantren lirboyo. Biografi Gus maksum jauhari baca disini










Jawara pengelana yang pertama kali mmperkenalkan ilmu beladiri kepada gus maksum

Pada usia yang masih sangat belia gus maksum yang terlahir dilingkungan pesantren memiliki bakat besar dalam ilmu agama itu dikarenakan beliau juga merupakan cucu dari salah satu tokoh ulama pendiri pesantren lirboyo Kh. Manaf abdul karim, selain memiliki bakat besar dalam bidang agama diusia yang masih belia juga nampak dalam diri gus maksum mewarisi jiwa seorang pendekar, hal tersebut bahkan telah ditandai dengan kejadian-kejadian yang tidak bisa dinalar oleh akal pikiran manusia pada umumnya bahkan tanda-tanda tersebut telah ada disaat gus maksum yang masih bayi.

Keistimewaan gus maksum

Berapa tanda keistimewaan gus maksum telah nampak saat belaiu masih bayi , dan keanehan tersebut terus berlajut hingga gus maksum beranjak dewasa 
  • Ketika masih bayi tubuh gus maksum dililit oleh se-ekor ular
  • Mampu melompati tiang ke tiang yang memiliki tinggi 3 meter di masjid kanigoro
  • Berputar-putar dipiring layaknya gangsing dan anehnya piring dalam keadaan tetap utuh tidak pecah
  • Melempar se-ekor kuda yang hendak menerjangnya, padahal berat badan gus maksum sendiri hanya berkisar 25-30 Kg
Berlanjut dimasa remaja



Melempar lembu/sapi
Gus maksum bukan sekedar seorang santri yang hanya bisa mengaji akan tetapi beliau juga tekun belajar bertani, suatu ketika saat berada disebuah area persawahan gus maksum yang sehari-harinya disawah hendak membantu salah satu kerabatnya memasangkan sapi/lembu untuk membajak sawah akan tetapi ketika gus maksum tiba ditempat sapi/lembu tersebut tiba-tiba mengamuk dan berubah menjadi sangat liar dan secara membabibuta sapi/lembu tersebut menerjang tubuh gus maksum dengan sangat kencang sehingga membuat seluruh orang yang berada diaera persawahan tersebut ketakutan bercampur rasa kuwatir , namun apa yang terjadi sapi/lembu yang mengamuk terebut tiba-tiba terpental jauh hingga beberapa meter dari gus maksum berdiri, kemudian gus maksum berhasil menanggap dan menenangkan sapi/lembu tersebut dan kemudian memasangkan sapi/lembu pada alat pembajak sawah (Garu/luku) , waallahualam

Melawan belasan anggota PKI
Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya'' istilah klasik yang tepat disematkan kepada gus maksum dan kakeknya , bakat dalam diri gus maksum dalam ilmu kanuragan dan beladiri diusia belasan tahun adalah warisan dari sang kakek.

Ahmad Fatoni adalah seorang tokoh jawara pengelana dari Rengas dengklok - karawang jawa barat yang memiliki kemampuan hebat dibidang ilmu kanuragan serta mahir dalam teknik beladiri Taktis dari aliran Cikaret/Cikalong,  Ahmad Fatoni adalah orang pertama yang memperkenalkan beladiri pencak silat kepada Gus Maksum jauhari.

Keahlian dalam bidang ilmu kanuragan dan beladiri yang dipelajari oleh gus maksum dari guru-gurunya tidak pernah disalah gunakan hal ini dilakukan oleh seorang gus maksum yang memiliki kemampuan hebat dalam bidang beladiri , salah satu aksi terpopuler gus maksum dalam memanfaat keahliannya dalam bidang ilmu kanuragan dan beladiri adalah pada saat beliau sendirian melawan belasan anggota pki yang melakukan tindakan kerusuhan serta kekerasan. Waallahualam

Memiliki Rambut Api
Penampilan unik ala santri salafi dengan gaya nyentrik serta rambut gondrongnya adalah ciri khas dari gus maksum semasa hidupnya bahkan banyak santri yang meniru gaya unik dari gus maksum tersebut. namun siapa sangka dibalik rambut gondrongnya tersebut teranyata memiliki keistimewaan tersendiri , konon rambut gondrong gus maksum ini tidak dapat dipotong oleh siapapun kecuali dilakukan oleh umminya.
Ada beberapa sesepuh pagar nusa gasmi mengatakan kemampuan dan keistimewaan rambut gondrong gus maksum yang mampu menyala dan tidak dapat dipotong ini adalah berkat Ijazah dari Habib Baharun - Mrican Kediri salah satu guru spiritual gus maksum diusia muda.

Moment fenomenal dari gus maksum 
Rambut gondrong gus maksum menyala dalam sebuah kegiatan rutin pertandingan pencak silat yang dilakukan  Anggota PKI , bahkan juga pernah terliput disalah satu jurnalis media berita harian swasta jawa timur. Waallahualam.


Load comments