BEBERAPA HASIL PERUBAHAN ATURAN PAGAR NUSA - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

BEBERAPA HASIL PERUBAHAN ATURAN PAGAR NUSA

Hasil keputusan kongres II


Peraturan rumah tangga pencak silat nahdlatul ulama pagar nusa II


Lambang Pagar Nusa 

LOGO PAGAR NUSA TERBARU PAGARNUSA.INFO
LOGO PAGAR NUSA TERBARU

1. Makna gambar dan tulisan yang ada dalam lambang pagar nusa pencak silat nahdlatul ulama pagar nusa: 
  • Bola dunia , garis terang , garis bujur dan garis khatulistiwa, bermakna bumi, persada nusantara, visi kesemestaan dan misi rohmatan lill'alamin yang berorentasi duniawi dan ukrawi, material dan spiritual, lahir dan batin, secara utuh dan menyeluruh
  • Trisula terletak ditengah bola dunia, bermakan tiga orientasi Organisasi, yaitu: keolahragaan, keislaman dan keindonesiaan. Trisula termasuk jenis senjata yang tertua dan cukup luas penyebaranya dibumi nusantara. perguruan simbol trisula juga dimaksud agar pelestarian dan pengembangan pencak silat oleh pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa tidak tercatut dari identitas berdiri asli indonesia.
  • Bintang sudut lima sebanyak sembilan buah yang terbesar melingkar dengan bintang ditengah lebih besar , bermakna pola kepemimpinan wali songo, idealisasi cit-cita tertiggi yakni mencapai kemulyaan sekaligus idialisme organisasi yang membuat sembilan nilai yaitu: kemerdekaan, keadilan, kebenaran, kejujuran, kerakyatan, persaudaraan, persamaan , kesederhanaan dan keseimbangan.
  • Tulisan pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa bermkana identita diri organisasi sebagai wadah perjuangan, koordinasi dan bimbingan sekaligus sarana menghimpun segenap prefesional seni beladiri NU guna membantu pencapaian tujuan NU dan mengawal terwujudnya cita-cita kemerdekaan indonesia: pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa
  • Tulisan huruf arab  yang terbaca " La Gholiba Illa Billah" pada pita yang melingkupi bola dunia, bermakna " Tidak ada yang menang (mengalahkan) kecuali dengan pertolongan allah" sebagai tata nilai beladiri Pecak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa
  • Garis kurva segi lima, bermakna rukun islam, dan seklaigus simbol kecintaan kepada bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila.
  • Garis tepi sebanyak tiga buah yang sejajar dengan garis kurva, bermakna tiga pola utama cara hidup waga NU yaitu: Iman, Islam dan ihsan yang berjalan bersama.
2. Makna warna-warna yang ada dalam lambang Pagar Nusa adalah Nahdlatul Ulama :
  • Hijau, bermakna kesejukan , kesuburan dan kemakmuran bumi nusantara serta ketenangan, kesejahteraan dan kebahagiaan anggota pagar nusa, warga NU dan seluruh rakyat indoneisa secara lahir dan batin, duniawi dan ukhrawi.
  • Kuning Emas (Gold), bermakna pembaruan dan kejayaan bangsa serta kebangkitan ulama dan kegemilagan islam untuk perpecahan dan kemaslahatan umat manusia.
  • Putih, bermakna kesucian jiwa, ketulusan hati, kesungguhan , ketegasan , kebenaran kata dan perbuatan serta keberanian moral dan sikap.

Hasil Perubahan Kongres III

Perubahan terjadi pada poin d.
  • Tulisan pencak silat Nahdlatul Ulama  membentuk setengan lingkaran diatas sembilan bintang, bermkana identitas diri organisasi sebagai wadah perjuangan, koordinasi dan bimbingan sekaligus sarana menghimpun segenap prefesional seni beladiri NU guna membantu pencapaian tujuan NU dan mengawal terwujudnya cita-cita kemerdekaan indonesia: pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa.


3-5 Mei 2017 Kongres III - Padepokan Taman Mini Indonesia Indah

Load comments