PENGERTIAN AGAMA MENURUT PARA AHLI - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

PENGERTIAN AGAMA MENURUT PARA AHLI

Pengertian agama → Agama dalam kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai sistem peraturan tata keimanan dan kepercayaan seorang individu atas kaidah keyakinan kepada tuhan serta kaidah dalam menjalankan kehidupan yang bijaksana dilingkungan → Baca artikel selengkapnya.... 



Pengertian agama menurut pendapat para ahli 
→ Agama terlahir sebagai sistem kepercayaan yang telah diyakini oleh seorang individu dalam menghubungkan diri kepada tuhan-nya sehingga dalam pemikiran sempit agama adalah segala kebenaran didunia ini adalah atas agamaku bukan dari agama yang lain. dalam pemikiran sempit ini maka akan terlahir statmen/pendapat yang beragam dari setiap manusia.

Terbukti dari pendapat yang dikemukakan oleh para ahli agama sebagai berikut:





  • Pengertian Agama → Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan /kepercayaan/keyakinan dan peribadatan manusia kepada tuhan serta menjadi kaidah yang berhubungan dengan mahakuasa hingga kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan lingkungan
  • Pengertian Agama →  Pengertian Agama dalam beberapa bahasa kata "Agama" dalam bahasa arab →  Diin sedang dalam bahasa indonesia →  Menguasai, menundukkan, patuh, hutang, balasan, dan kebiasaan , salam bahasa eropa kata "Agama" Bahasa ingris→ religi, Bahasa Perancis→ al religion , Bahasa belanda → the religie, sedang dalam bahasa jerman → die religion,
  • Pengertian Agama →  Nasution (1986) : Agama mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi oleh manusia, ikatan tersebut berasal dari salah satu  kekuatan yang lebih tinggi dari pada manusia sebagai kekuatan gaib yang tidak dapat ditangkap dengan panca indra , namun memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pengertian Agama → Michel Meyer (dalam Rousydiy, 1986) : Agama adalah sekumpulan kepercayaan yang mengajarkan seorang manusia dalam tikah laku yang mengarah kepada tuhan, terhadap sesama manusia dan terhadap diri sendiri.
  • Pengertian Agama → Oxford Student dictionary (dalam Azra, 2000)  : Agama adalah suatu kepercayaan akankeberadaan suatu kekuatan pengatur supranatural yang mampu menciptakan dan mengendalikan alam semesta.
  • Pengertian Agama → Antropolog Edward Burnett Tylor (1832-1917) : Agama sebagai kepercayaan mahluk gaib dan menyatakan bahwa sebuah keyakinan ini berasal sebagai penjelasan kepada seluruh dunia, kepercyaan terhadap gaib ini tumbuh disaat membicarakan kehidupan dan kematian.
  • Pengertian Agama → Émile Durkheim : Agama adalah suatu sistem yang teradu terdiri atas keperayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci untuk menyatukan semua penganutnya didalam suatu komunitas moral yang dinamakan umat.
  • Pengertian Agama → Hendro Puspito : Sebuah sistem yang mengatur hubungan antara manusia dnegan alam semesta melalui sebuah keyakinan.
  • Pengertian Agama → prof Dr.m. Drikarya : Keyakinan akan adanya kekuatan spranatural yang mampu mengendalikan dan melahirkan alam semesta beserta isinya .
  • Pengertian Agama → Jappy Pellokild : Mempercayai adanya Tuhan yang maha esa beserta hukum-hukumnya.
  • Pengertian Agama → Haji Moenawar Chalil :Merupakan perlibatan tingkah laku seorang manusia dalam berhubungan dengan kekuatan supranatural/ghoib sebagai kosekuensi atas pengakuannya.




Dalam pengertian agama dari para pakar diatas dapat disimpulakan bahwa agama adalah kepercayaan kita terhadap suatu yang goib / kekuatan supranatural sebagai pedoman kaidah kehidupan dan kematian.

Setelah kemarin kita membahas artikel
Pengertian agama....
Selanjutnya
→ Pengertian Islam

Vidio yang direkomendasikan untuk ditonton





Selamat membaca..

Load comments