PENGERTIAN AGAMA - PN TANGERANG

PRODUK COSTUM SUKA-SUKA

PENGERTIAN AGAMA

Pengertian agama 

→ Dalam kamus besar bahasa indonesia agama diartikan sebagai sistem tata peraturan keimanan ( kepercayaan ) dan kaidah peribadatan individu kepada tuhan serta kaidah hubungan antar sesama mahkluk hidup ( manusia dan hewan ) hingga etika diri dalam lingkungan.



Dalam bahasa sansekerta kata " Agama " → berarti " Tradisi ", sedang dalam konsep lain "Agama" bisa diartikan "Religi" yang diambil dari bahasa Latin Religio →  Re-ligare → berarti "Mengingat kembali ", Agama adalah kepercayaan yang bersifat religi yang dianut oleh setiap individu dengan meyakini serta mentaati peraturan dari sebuah agama tersebut , sehingga mencapi tujuan utama menjalin hubungan kepada tuhan, dalam arti luas → agama adalah kepercayaan atau sebuah keyakinan yang tertanam dalam hati, pikiran dan jiwa seorang individu. 

Agama dalam penjabaran sebuah kepercayaan sedikit lenbih rumit karena diarahkan dalam sebuah penjabaran bahasa iman dan kepercayaan, sedangkan dalam penjabaran logika agama lebih relatif mudah dipahami karena akan diarahkan dalam pembahasan bahasa lisan.

Manusia memiliki batas kemampuan dan kesadaran sehingga diperlukan pengakuan dalam dirinya bahwa ada yang lebih spektakuler diluar dirinya. dalam hal ini agama berfungsi sebagai kepercayaan hati manusia sebagai petunjuk arah dimana letak hal yang spektakuler  tersebut , merka akan terus mencari hingga sampai unjung lelah  terhenti , disinilah keagungan dari tuhan yang ditunjukan suatu agama tersebut tergali, kemudian mereka meyakini dan menyebah sebagaimana yang telah diyakini.

Agama terlahir didunia ini sangat beragam , ada islam , kriten, hindu , budha dan aliran kepercyaan , sejatinya antara agama dan kepercayaan adalah sama yaitu menjalin hubungan baik antara indivu dengan tuhan.

Dari pengertian agama yang singkat ini dapat diperoleh kesimpulan singkat
→ Pertama Agama adalah kepercayaan dan keyakinan Manusia sebagai petunjuk hidup
→ Kedua Agama sebagai ritual pendekatan diri manusia kepada pencipta/tuhan melalui pengabdian
→ Ketiga Agama sebagai Pelindung 
→ Keempat Agama adalah kaidah kehidupan yang bijaksana

Selain 4 kesimpulan yang didapat dari pengertian agama diatas ada tiga unsur yang dapat diuraikan tentang agama sebagai bahasan iman.
→ Agama adalah Manusia
→ Agama adalah Kehambaan
→ Agama adalah Tuhan

Begitulah pengertian secara luas tentang agama yang telah kita masing-masing percayaidan yakini. berbeda keyakinan berbeda cara beribadah dan berbeda menyebah tuhan adalah bahasa iman yang lebih sulit diterima secara lisan.. akan tetapi pada akhirnya semua sama , sama manusia yang ingin mendekatkan diri kepada sang pencipta .

Sebagai seorang yang berpedom pada agama  tentu kita diajarkan untuk saling hidup menghargai dan menghormati, tetap jaga kerukuanan lintas agama , karena mereka yang bukan saudara seimanmu adalah saudara kemanuaisanmu.

Ketika berbicara agama maka kita sedang berbicara bahasa iman , saat manusia tidak dapat mencapai ketingkat kadar keimanan yang tepat maka akan melahirakan model-model manusia yang fanatik dalam beragama , mereka bukan lagi menyembah tuhan melainkan menyebah setan , dan mereka memang beragama akan tetapi mereka lupa bertuhan.









Selanjutnya kita bahas tentang 
→ Pengertian agama menurut para ahli
→ Pengertian Islam 
→ ............
→ ............

Semoga bermanfaat..

Load comments